SOLOPOS.COM - Pasangan capres-cawapres, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dalam debat ketiga capres untuk Pilpres 2024 di Istora Senayan, DKI Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam. (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, JAKARTA — Calon presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto, mengklaim telah membuka empat fakultas baru di bidang sains dan teknologi sebagai upaya memperkuat pertahanan siber Indonesia.

Klaim itu disampaikan Prabowo dalam segmen kedua debat ketiga capres untuk Pilpres 2024 di Istora Senayan, DKI Jakarta, Minggu (7/1/2024) malam.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

“Begitu jadi menteri, saya membentuk empat fakultas baru di bidang science, technology, engineering, dan mathematics. Kita menyiapkan putra putri kita terbaik untuk menguasai teknologi untuk menguasai science untuk menguasai artificial intelligence untuk cyber,” ujar Prabowo.

Pernyataan itu dilontarkan Prabowo untuk menjawab pertanyaan capres nomor urut 1, Anies Baswedan, yang mempertanyakan upaya Prabowo memperkuat keamanan siber.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, klaim Prabowo Subianto dalam debat ketiga capres untuk Pilpres 2024 itu adalah benar. Pada 2020 lalu, Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan (Menhan) telah membuka empat fakultas di bidang Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di Universitas Pertahanan (Unhan).

Fakultas yang dibuka Prabowo yakni Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik, serta Fakultas Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk Unhan, kata Prabowo, harus memiliki IQ minimal 120 dan nilai rata-rata matematika serta fisika sembilan. Syarat itu diberlakukan mengadopsi ketentuan masuk Universitas Harvard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya