SOLOPOS.COM - Calon wakil presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka saat ditemui seusai penetapan nomor urut calon presiden dan calon wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023) malam. (ANTARA/Fath Putra Mulya)

Solopos.com, JAKARTA — Calon wakil presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, mengklaim bahwa UMKM menyumbang 61% dari pendapatan domestik bruto (PDB).

Pernyataan itu ia ungkapkan pada segmen 1 penyampaian visi-misi debat calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Jakarta Convention Center, Jumat (22/12/2023) malam.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

“Kita punya 64 juta UMKM yang menyumbangkan 61 persen untuk PDB kita. Jika empat langkah tadi bisa kita penuhi, insya allah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan,” ungkapnya.

Pernyataan itu merupakan fakta seperti data dari Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan pada Maret 2021, UMKM di Indonesia berjumlah 64,2 juta unit, menyumbang lebih dari 61% terhadap PDB dengan nilai Rp8.573,89 triliun.

Untuk itu, bisa disimpulkan pernyataan dari Gibran adalah benar.

Perlu diketahui, tema debat cawapres kali ini meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan Perkotaan.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya