SOLOPOS.COM - Salah satu unggahan soal flyer hoaks rincian tempat duduk dan harga tiket konser Coldplay di Jakarta. (twitter/@kulitmekdii).

Cek Fakta Solopos

Solopos.com, SOLO —  Simpang siur informasi muncul setelah grup band asal Inggris, Coldplay, resmi mengumumkan akan menggelar konser di Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Rabu (15/11/2023) mendatang.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Salah satu kabar hoaks yang ramai beredar di Twitter yakni soal harga tiket serta tata panggung Konser Coldplay di Jakarta.

Rincian Harga Tiket yang Beredar Selasa

Solopos.com menemukan flyer hoaks soal tata panggung dan tiket konser Coldplay di Jakarta ramai dibicarakan warganet pada Selasa (9/5/2023) siang dan masih beredar hingga, Sabtu (13/5/2023) ini.

Flyer tersebut beredar beberapa jam setelah pentolan Coldplay, Chris Martin, mengumumkan jadwal konser di Jakarta melalui pihak promtor yakni PK Entertainment dan Third Eye Management di akun Instagram mereka @temgmt dan @pkentertainment.id, Selasa (9/5/2023) pada pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, pengumuman tiket konser hoaks diunggah oleh akun Twitter @kulitmekdii pada pukul 13.40 WIB.

“Layout Coldplay di Jakarta,” tulis @kulitmekdii diikuti unggahan layout serta harga lengkap tiket Coldplay.

Flyer hoaks konser Coldplay
Flyer hoaks soal rincian tempat duduk dan harga tiket konser Coldplay di Jakarta dengan latar putih dan tanpa logo penyelenggara. Ramai diunggah di Twitter sejak, Selasa (9/5/2023). (twitter/@kulitmekdii).

Layout flyer palsu dibuat dengan background putih, disertai tata letak tempat duduk dan panggung konser. Tak ada informasi lain selain gambar tempat duduk dan harga tiket.

Hingga, Jumat (12/5/2023) siang telah 2.477 kali di re-tweet dan disukai 21.000 pengguna Twitter. Salah satu yang melakukan re-tweet yakni akun Twitter seputar konser dengan follower 150.420, yakni @westenthu.

Promotor Membantah

Solopos.com kemudian menelusuri kebenaran rincian harga tiket tersebut dimulai dengan mengecek situs resmi penjualan tiket yakni di coldplayinjakarta.com serta dua Instagram resmi promotor @temgmt dan @pkentertainment.id, Rabu (10/5/2023).

Akun @temgmt membantah melalui unggah Instagram stories pada Rabu siang.

“HARGA TIKET DAN TATA LETAK TEMPAT DUDUK KONSER COLDPLAY DI JAKARTA BELUM DIRILIS SECARA RESMI.

SETIAP INFORMASI YANG BEREDAR SAAT INI DI MASYARAKAT MENGENAI HARGA TIKET DAN TATA LETAK TEMPAT DUDUK BUKANLAH INFORMASI RESMI. INFORMASI TERSEBUT BUKAN BERASAL DARI PROMOTOR RESMI (TEM PRESENTS DAN PK ENTERTAINMENT).

PENGGEMAR COLDPLAY DAN MASYARAKAT UMUM DIHARAPKAN DAPAT MERUJUK HANYA PADA LAMAN RESMI coldplayinjakarta.com UNTUK HARGA TIKET RESMI, TATA LETAK TEMPAT DUDUK, DAN INFORMASI RELEVAN LAINNYA TERKAIT COLDPLAY MUSIC OF THE SPHERES WORLD TOUR JAKARTA.

IKUTI AKUN INSTAGRAM RESMI PROMOTOR DI @TEMGMT DAN @PKENTERTAINMENT.iD UNTUK INFORMASI TERBARU SEPUTAR #MOTSWT,” tulis pihak promotor.

Promotor juga mengimbau semua pihak agar tidak menyebarkan hoaks berkaitan dengan konser yang merugikan pihak TEM dan PK Entertainment.

Selanjutnya, pada Kamis (11/5/2023) siang, @temgmt dan @pkentertainment.id mengunggah informasi mengenai harga resmi tiket dan tata letak konser Coldplay di Jakarta.

Flyer resmi konser Coldplay
Flyer resmi rincian tempat duduk dan harga tiket konser Coldplay di Jakarta dengan latar hitam disertai beberapa logo sponsor diunggah di akun Instagram resmi promotor yakni @temgmt, Kamis (11/5/2023) siang. (Istimewa Instagram promotor konser Coldplay di Jakarta/ @temgmt dan @pkentertainment).

Harga tiket resmi dan rincian tata letaknya berbeda jauh dengan rincian palsu sebelumnya. Hanya ada beberapa harga yang hampir sama. Misalnya, harga terendah sama-sama Rp800.000.

Namun harga tertinggi tiket konser Coldplay di Jakarta yakni kategori Tiket Ultimate Experience (Cat 1) Rp11 juta, bukan Rp5 juta untuk kategori VIP Seat.

Flyer palsu dibuat dengan latar putih.  Sementara, flyer resmi dibuat dengan latar hitam, dilengkapi logo para sponsor mulai dari DHL, BCA, PK Entertainment, dan TEM.

Berdasarkan hasil penelusuran Solopos.com di situs dan akun Instagram resmi promotor konser Coldplay di Jakarta, maka kesimpulannya narasi harga tiket dengan latar putih yang beredar sejak, Selasa, merupakan False Context. Konten tersebut disajikan dengan narasi konteks yang salah.

Cek Fakta Solopos

Solopos.com berkomitmen mengedukasi masyarakat soal bahaya hoaks, misinformasi, dan disinformasi. Harapannya, masyarakat bisa memilih jurnalisme berkualitas pada media kredibel. Jika pembaca menemukan informasi hoaks, silakan sampaikan pada kami melalui email cekfakta@solopos.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya