SOLOPOS.COM - Sebuah utas hoaks di situs microblogging Twitter dari akun centang biru bernama Dendi Budiman dengan username @DemokrasiMartir menyebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diringkus Polda Metro Jaya. (Tangkapan Layar)

Solopos.com, SOLO — Sebuah utas di situs microblogging Twitter dari akun centang biru bernama Dendi Budiman dengan username @DemokrasiMartir menyebut Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri diringkus Polda Metro Jaya.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Utas yang diunggah pada Jumat (23/6/2023) itu menulis bahwa Firli diringkus Polda Metro Jaya (cek di sini).

“BREAKING NEWS!! Firli Bahuri Diringkus Polda Metro Jaya? Titanic hingga Syahnaz dan Beras di Jakarta kembali rame di jagat maya. Tp saya dpt info dari sumber terpercaya bahwa Firli bakal segera diringkus Polda Metro Jaya. Nasib Firli kini di ujung tangan Karyoto,” tulis Dendi Budiman pada cuitan pertama.

Cuitan itu menambahkan foto Firli berbaju tahanan oranye tengah diapit petugas kepolisian berbusana sipil. 

Setelah itu utas dilanjutkan dengan menyebut nasib Firli di tangan Karyoto yang per Maret 2023 menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Karyoto sebelumnya menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK sejak April 2020.

“Nasib Firli kini berada di tangan Karyoto yg dulu pernah dibuang Firli dari KPK. Seperti pembalasan, tapi inilah hukum alam, lbh buas dan ganas ketimbang KPK. Karyoto menaikan kasus kebocoran dokumen yg melibatkan Filri ke tahap penyidikan. Selangkah lagi habislah Firli,” tulis Dendi Budiman.

Pada utas ketiga, ia kembali mencuit soal Firli dan Karyoto. “Kita menguji dan menunggu keberanian Karyoto dalam mengusut kasus ini. Jika Firli dalam waktu dekat ditindak dan diperiksa di Polda Metro Jaya, ratusan aktivis Jakarta bakal gelar aksi damai di depan Polda Metro Jaya hingga Filri ditetapkan tersangka. MERDEKA.”

Di utas terakhir, Dendi Budiman menulis, “Photo hanya pemanis, intinya kita gemes melihat betapa kebal seorang Firli Bahuri. Berkali2 kena kasus dan dilaporkan ternyata Dewas tak memiliki nyali utk memutus putusan. Kita berharap Kapolda Metro, Karyoto berani dan bernyali utk memproses hingga memutus Firli Bahuri.”

Perbandingan foto asli dan foto editan. Foto kiri merupakan foto editan di akun Twitter Dendi Budiman dengan username @DemokrasiMartir. Sedangkan foto kanan merupakan dokumentasi Kantor Berita Antara. (Solopos.com/Twitter/Antara)

Tidak Ada Berita Ketua KPK Firli Bahuri Ditangkap Polda Metro Jaya

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di laman penelusuran Google (cek di sini), tidak ada berita bahwa Ketua KPK Firli Bahuri diringkus Polda Metro Jaya.

Kendati begitu, Polda Metro Jaya memang membuka peluang memeriksa Firli Bahuri Cs untuk mengusut dugaan tindak pidana terkait kebocoran dokumen hasil penyelidikan dugaan korupsi di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), seperti diberitakan Solopos.com (cek di sini).

Foto yang diunggah melengkapi cuitan tersebut diduga merupakan hasil fabrikasi atau editan artificial intelegent (AI). 

Solopos.com menelusuri sumber foto tersebut dan menemukan bahwa bagian kepala digantikan dengan orang yang berbeda.

Foto asli merupakan dokumentasi Kantor Berita Antara, saat tersangka kasus peredaran narkoba Irjen Pol Teddy Minahasa (dalam foto berada di tengah dan digandeng) berjalan menuju ruang tahanan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (25/10/2022). 

Bagian kepala Teddy Minahasa kemudian digantikan dengan kepala Firli Bahuri.

Berdasarkan fakta-fakta tersebut, narasi yang beredar di Twitter merupakan hoaks. Konten tersebut difabrikasi dengan tujuan menyesatkan.

 

Cek Fakta Solopos
Solopos.com berkomitmen mengedukasi masyarakat soal bahaya hoaks, misinformasi, dan disinformasi. Harapannya, masyarakat bisa memilih jurnalisme berkualitas pada media kredibel. Jika pembaca menemukan informasi hoaks, silakan sampaikan pada kami melalui email cekfakta@solopos.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya