SOLOPOS.COM - Thumbnail video hoaks Agnez Mo meninggal dunia. (Facebook/Shakila Andriani)

Solopos.com, SOLO – Penyanyi Agnez Mo menjadi objek hoaks dengan dikabarkan telah meninggal dunia. Ia bahkan dikabarkan meninggal setelah menjadi korban pembunuhan.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Kabar itu santer dipublikasikan di berbagai platform media sosial, salah satunya di akun Facebook Shakila Andriani, Kamis (18/5/2023).

“Oleh banyak akun media sosial dan menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen. Ada beberapa spekulasi tentang penyebab kematian Agnes Mo ini, salah satunya bahwa dia dibunuh oleh orang yang tidak dikenal. Namun, belum ada keterangan resmi dari pihak keluarga atau pihak berwenang terkait hal ini,” tulisnya disertai tautan video Youtube.

Di video yang ia bagikan, tedapat judul yang seakan-akan mengabarkan kematian Agnez Mo yang dinarasikan telah dihabisi sahabatnya sendiri.

“Artis Go Internasional Agnes Monika Meninggal Dunia di Amerika Setelah Dihabisi Temanya Sendiri,” begitu judul yang terpampang disertai thumbnail yang memuat foto si penyanyi.

Hoaks Menyebar Perlahan

Kabar Agnez Mo meninggal dunia secara perlahan-lahan menyebar di media sosial. Salah satunya melalui video berjudul MERINDING !! SEMUA ARTIS MENANGIS SAAT MENDENGAR PESAN AGNES MO,SEBELUM DI HABlSl SAHABATNYA SENDIRI yang diunggah di channel Youtube Vemi Liar, Selasa (23/5/2023).

Dari judul yang terpampang, penggungah video secara gamblang menyebut Agnez Mo telah dihabisi sahabatnya sendiri. Judul itu juga mengklaim seakan-akan penyanyi bernama lengkap Agnes Monica Muljoto itu telah membuat banyak artis menangis setelah mendengar pesan darinya.

Sementara itu, narator pada video mengatakan Agnez Mo dikabarkan telah meninggal dunia dan dimakamkan di AS. “Dikabarkan meninggal dunia hingga dimakamkan di Amerika Serikat, begini perjalanan Agnez Mo yang membuat kerabat menangis sedih,” ujar si narator pada pembuka video.

Pada narasi selanjutnya, narator hanya menjelaskan perjalanan karier Agnez Mo yang dikutip dari salah satu laman online. Narator tidak banyak membahas kebenaran kabar meninggalnya Agnez Mo.

Namun di kolom deksripsi video, pengunggah membuat keterangan seola-olah ada rekan sesama artis yang memanjatkan doa atas kepergian Agnez Mo. “Agnes mo sedang gempar diberitakan meninggal dunia di Amerika, hingga rekan artis berikan doa,” begitu tulis pengunggah video pada kolom deksripsi.

Dipastikan Hoaks

Kabar Agnez Mo meninggal dunia itu nyatanya hanya ispan jempol semata. Agnez Mo nyatanya terpantau masih aktif mengunggah kegiatan melalui fitur stories di akun Instagram miliknya, @agnezmo.

Pada Rabu (24/5/2023), penyanyi 36 tahun itu bahkan mengumumkan akan tampil di Surabaya, Jakarta, dan Bandung dalam waktu dekat. Meski demikian, Agnez Mo belum memberikan tanggapan langsung terkait kabar yang menyebut dirinya meninggal dunia.

Kesimpulannya, berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Solopos.com di halaman Facebook dan akun Instagram milik Agnez Mo, kabar tersebut adalah hoaks karena si artis masih beraktivitas seperti biasa dan akan tampil di panggung dalam waktu dekat.

Cek Fakta Solopos
Solopos.com berkomitmen mengedukasi masyarakat soal bahaya hoaks, misinformasi, dan disinformasi. Harapannya, masyarakat bisa memilih jurnalisme berkualitas pada media kredibel. Jika pembaca menemukan informasi hoaks, silakan sampaikan pada kami melalui email cekfakta@solopos.co.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya