SOLOPOS.COM - Penipuan di akun Instagram @lokananta_musik yang diunggah dua hari lalu, Jumat (9/6/2023). (Istimewa/@lokananta_musik).

Solopos.com, SOLO — Informasi menyesatkan mengenai pabrik piringan hitam pertama milik Negara yang sekarang dikelola Perum Percetakan Negara RI (PNRI) yakni Lokananta Record memberikan give away tebus murah Iphone 14 Promax 256 gigabytes (GB) beredar luas.

Bahkan pengumunan itu diunggah resmi di Instagram resmi @Lokananta_musik sejak dua hari lalu, Kamis (8/6/2023) pukul 17.00 WIB. Unggahan informasi give away tersebut disukai sebanyak 414 pengguna Instagram.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Kabar hoaks tersebut secara lengkap bertuliskan seperti ini:

SPESIAL PROMO UNTUK FOLLOWERS SETIA @lokananta_musik GIVE AWAY TEBUS MURAH UNTUK 3 ORANG TERCEPAT NEW IPHONE 14 PROMAX 256GB GARANSI RESMI IBOX.
KLAIM CUMA Rp 8.899.000 SAJA
UNTUK 3 ORANG TERCEPAT
iPhone yang kami jual ini 100% garansi resmi ibox , dan kami jadikan sebagai hadiah klaim give tebus murah buat kalian followers lokananta_musik.???
Syarat dan ketentuan klaim give tebus murahnya :
• Wajib Follow @lokananta_musik
• Minimal Like 5 Postingan @lokananta_musik
• Screenshot profil ig @lokananta_musik dan kirim melalui WhatsApp,??
Fast respown WA : 085757637121

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lokananta Records (@lokananta_musik)

Penelusuran Solopos.com

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, akun Instagram @lokananta_musik, memang dikelola resmi oleh Lokananta Record.

Namun, akun Instagram tersebut telah diretas sejak, Kamis (8/6/2023) sore. Peretas bahkan mencantumkan nomor telepon 085757637121 yang diklaim sebagai nomor admin Lokananta Record di Instagram tersebut.

Solopos.com kemudian mengecek nomor tersebut melalui aplikasi Getcontact. Nomor tersebut ditandai sebanyak 17 kali. Hampir semua menuliskan hastag penipuan dan hacker Lokananta Record.

Bahkan ada yang menuliskan hastag penipu IG asal Garut, dan penipu spesialis Iphone.

Di sisi lain, peretasan akun resmi IG Lokananta sempat diumumkan melalui Instagram Stories @lokananta_musik saat masih bisa digunakan pada Kamis malam.

Narasi dalam Instagram stories tersebut yakni sebagai berikut:

Dengan IG Story ini, kami; admin dari @lokananta_musik memberitahukan bahwa akun resmi IG telah dibajak.
Kami mohon bantuan teman-teman untuk melaporkan postingan dan nomor Whatsapp yang tertera di bio, dan tidak mengiyakan apa yang mereka minta
Proses pengambilan alih akun sedang dilakukan. Semoga semua kembali aman. Mohon doa dan dukungannya, ya.

pengumuman IG lokananta dibajak
Tangkapan layar pengumuman tentang IG Lokananta yang dibajak. (Istimewa)

Anggota staf Lokananta Record, Sriyono, Minggu (11/6/2023) membenarkan kabar peretasan akun Instagram @lokananta_musik tersebut.

Sriyono mengatakan, hingga Minggu sore akun tersebut masih diretas pihak tak bertanggung jawab dan belum pulih. Kasus tersebut sampai saat ini masih ditangani Polresta Surakarta.

Sementara, informasi mengenai aktivitas di Lokananta diunggah akun Instagram @lokanantabloc.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, informasi give away Iphone 14 Promax 256 gigabytes (GB) Lokananta Record yang diunggah terakhir di IG @lokananta_music  dua hari lalu adalah fabricated content atau konten palsu.

Konten tersebut sengaja dibuat untuk melakukan penipuan.

Cek Fakta Solopos Solopos.com berkomitmen mengedukasi masyarakat soal bahaya hoaks, misinformasi, dan disinformasi. Harapannya, masyarakat bisa memilih jurnalisme berkualitas pada media kredibel. Jika pembaca menemukan informasi hoaks, silakan sampaikan pada kami melalui email cekfakta@solopos.co.id.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya