SOLOPOS.COM - Ganjar Pranowo meminum teh dari botol gepeng di Jogja National Museum (JNM), beberapa waktu silam. (Youtube/Tari dance Joget)

Solopos.com, SOLO – Belakangan hari ini, beredar video yang memuat calon presiden (capres) Ganjar Pranowo yang tengah meminum minuman dari kemasan botol berbentuk gepeng.

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Video itu kemudian dibumbui narasi yang menyesatkan. Berdasarkan salah satu video yang beredari melalui Whatsapp, video Ganjar meminum dari botol gepeng disandingkan dengan viedo berisi capres Anies Baswedan tengah dipakaikan peci oleh seseorang.

“Beda Kelas, Beda Watak, Beda Kelakuan, Beda Isi Hati, DLL. Masa Depan Negara, & Anak Cucu, Ada Ditangan Kita. Semoga Anda Bisa Memilih Yang Terbaik, Dari Yang Baik,” begitu tulisan pada video yang beredar.

ganjar pranowo gepengan
Video Ganjar Pranowo minum teh dari botol gepeng disandingkan dengan video Anies Baswedan dipakaikan peci. (Istimewa)

Video itu menjadi menyesatkan karena suara dari pembicaraan pada video tidak dimunculkan dan hanya ada musik latar. Hal itu membuat Ganjar Pranowo pada video seakan-akan sedang menenggak minuman keras dari botol gepeng.

Padahal berdasarkan video aslinya yang terdapat suara pembicaraan, Ganjar sudah menegaskan minuman yang diminum adalah teh. Minuman itu bermerek Teh Panser dan memang dikemas dalam botol gepeng.

“Es teh lo ya!” tegas Ganjar setelah meminum.

Pada video sebenarnya juga ada seniman yang berafiliasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Butet Kartaredjasa. Di video itu, Butet juga menegaskan minuman yang diminum Ganjar adalah es teh.

Es teh lo iki, nek do melintir ora koyo asu [Es teh lo ini, kalau melintir sudah kayak anjing],” tegas Butet.

Video lengkap perbincangan Ganjar di video itu juga diunggah di sejumlah kanal Youtube, salah satu di kanal Tari dance Joget. Di video lengkap itu, Ganjar dan Butet memang sudah memprediksi adegan Ganjar meminum teh akan dipelintir kemudian.

Berdasarkan informasi yang diterima Solopos.com, video Ganjar Pranowo minum teh dari botol gepeng itu direkam saat acara diskusi buku dan pameran ARTJog di Jogja National Museum (JNM), beberapa waktu silam. Produk Teh Panser memang disediakan salah satu panitia didkusi buku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya