SOLOPOS.COM - GIbran Rakabuming Raka pada debat keempat cawapres untuk Pilpres 224 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). (Youtube/KPU RI)

Solopos.com, JAKARTA — Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka, mengklaim cadangan nikel di Indonesia adalah yang terbesar di dunia. Klaim itu ia sampaikan pada debat keempat cawapres untuk Pilpres 224 di Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam.

Perlu diketahui, cebat keempat cawapres untuk Pilpres 2024 kali ini adalah pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

“Kita punya cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar kedua di dunia. Untuk itu program hilirisasi [pertambangan] harus dilanjutkan dan diperluas lanjutannya,” ujar cawapres pendamping calon presiden (capres) Prabowo Subianto tersebut.

Berdasarkan data yang dipublikasikan Statista, Indonesia memang memiliki cadangan nikel terbesar di dunia, bersama Australia, dengan 21 juta ton metrik di kedua negara.

Sedangkan untuk cadangan timah, Indonesia memang memiliki deposit yang besar bersaing dengan sejumlah negara. Berdasarkan keterangan di laman Metal.com, Indonesia memang menempati peringkat kedua dalam cadangan timah di dunia.

Dengan begitu, bisa disimpulkan klaim Gibran pada debat tersebut adalah fakta.

Artikel ini adalah hasil kolaborasi Aliansi Jurnalis Independen, Asosiasi Media Siber Indonesia, Masyarakat Anti-Fitnah Indonesia, Cekfakta.com bersama 18 media di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya